Mr. Bocang Goes to Metro Xin Wen – Cangkang telur bisa dimakan?

Salam Food Explorer!

Post pertama saya tentang Mr. Bocang.
Mr. Bocang adalah produk pengembangan dari mahasiswa Teknologi Pangan, Universitas Surya, yaitu kelompok saya yang terdiri atas Gio, Stella, Amirah, Junita, Vicario, dan saya sendiri. Kami mengembangkan produk bolu tinggi kalsium. Namun, tahukah Anda kalau produk bolu tinggi kalsium ini menggunakan bubuk cangkang telur sebagai sumber kalsiumnya?

Secara garis besar, pembuatan Mr. Bocang ini dibagi menjadi 2. Pertama adalah pembuatan bubuk cangkang telur. Pada tahap ini, cangkang telur dicuci dengan air mengalir, kemudian direbus selama kurang lebih 10 menit, dan kemudian dipanggang dalam oven selama 15 menit pada suhu 134 derajat Celcius. Tujuan dari ketiga proses termal ini adalah untuk membunuh bakteri patogen seperti Salmonella yang ada pada cangkang telur ayam. Setelah dipanggang, cangkang telur kemudian dihancurkan dengan blender dan disaring sehingga menjadi dalam bentuk bubuk. Kedua adalah pencampuran bubuk cangkang telur ke dalam selai cokelat. Setelah dicampur, selai yang mengandung bubuk cangkang telur tersebut dioleskan pada kue bolu.

Brun, dkk. (2013) menyebutkan bahwa dalam 100 gram cangkang telur, terdapat 38,2 gram kalsium. Dalam 1 sajian Mr. Bocang, terdapat 500 mg Ca.

Penasaran seperti apa cara membuatnya?
Silakan cek situs ini: Mr. Bocang Goes to Metro Xin Wen (Start menit 3:30)

Sumber Artikel Jurnal:
Brun LR, Lupo M, Delorenzi DA, Di Loreto VE, Rigalli A. 2013. Chicken eggshell as suitable calcium source at home. Int J Food Sci Nutr: 1-4.  DOI: 10.3109/09637486.2013.787399.

Advertisements