Salam food explorer!

Halo pencinta snack tradisional Indonesia!!! Kali ini ada sedikit kabar gembira untuk kalian. Saya dan grup saya, yaitu Yolanda, Stella, Vania, dan Bertha membuat snack rengginang yang lezat sekaligus untuk memenuhi mata kuliah di semester 6 ini, yaitu  Keterampilan Manajemen.

“Onagi” itu sebenarnya apa ya?? Mungkin kalian pada penasaran bagaimana kami membentuk nama tersebut. Pertamanya namanya adalah Krez teman-teman sekalian. Harapannya adalah rengginang ini tetap gurih atau “krez” saat dimakan. Akan tetapi, sebelum UTS kemarin, kami cek ternyata merek Krez itu bisa dikatakan beritikad buruk karena ternyata sudah ada paten merek yang menyerupai krez.

Oleh sebab itu, muncullah nama Onagi. Filosofinya adalah “O” yang artinya rengginang yang berbentuk bulat, “na” artinya rengginang, sementara “gi” artinya nagih! Itulah alasan tagline ini bertuliskan “Nagihnya sampai kebawa mimpiii”

Produk onagi ini kami buat sendiri dengan tangansendiri. Awalnya sangat sulit teman-teman untuk membuat rengginang yang gurih dan lezat. Kami gagal di awal, produk rengginang yang dihasilkan sangat keras dan tidak bisa dimakan. Bagian dalamnya seperti batu teman-teman. TAPIII itu awalnya! Sekarang tentu sudah gurih dan enaaaak sekali. Ada satu metode yang ternyata salah sebelumnya, saya kasih bocoran, yaitu perlu dilakukan perendaman hingga 2-3 jam sebelum akhirnya dikukus. Sudah cukup itu saja ya rahasianya :p. Tantangan lainnya yaitu cuaca yang hujan terus sehingga proses pengeringan atau penjemuran itu lama sekali. Pernah pakai dehidrator tapi akhirnya rusak juga. Ya, itulah tantangan, harus dihadapi.

Anyway, apa kalian penasaran bagaimana rasanya? Langsung aja teman-teman pesan dan beli di Instagram @onagirengginang atau di Line @ndn9056w. Di situ kalian bisa pesan dan kami akan membuatkannya untuk kalian hehe.

 

onagi picture ig_3393

Onagi Memiliki 2 varian rasa!

Ada rasa keju, dan rasa original. Lebihbaik dicoba dua-duanya karena sama-sama enak dan masing-masing unik rasanya. Harganya untuk sementara ini adalah Rp 8.000,- untuk keju dan Rp 7.500,- untuk original (netto 60 gram). Pas di kantong bukan?? So, langsung saja pesan yaaa!

=========================================================================

Onagi dalam perjalanannya sudah pernah ikut bazaar yang diadakan oleh LSPR loh! Acaranya diadakan di Kuningan City tanggal 1-5 Juni 2016 lalu. Tujuannya adalah mengenalkan produk-produk mahasiswa Teknologi Pangan, Surya University di kalangan umum.

Syukurlah Onagi mendapat respon positif dari para konsumen, dan ada masukan-masukan yang membangun untuk perbaikan Onagi ke depannya.

Selanjutnya, saya akan bahas lebih lanjut bagaimana sih Onagi membuat Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT). Ditunggu yaaa!! Sampai jumpa lagi 🙂

Advertisements