Salam food explorer!

Hari ini, tepat hari Senin, 11 Juli 2016, saya mengajukan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendapatkan SP-PIRT produk rengginang Onagi. Dinkes Tangsel baru saja buka setelah libur lebaran yang berlangsung sejak 4 Juli 2016 sampai 10 Juli 2016. Pagi-pagi sekitar pukul 09.30 WIB saya berangkat dari rumah ke Dinkes Tangsel yang berlokasi di Rawabuntu. Saat datang, kantor Dinkes masih sepi, mungkin karena baru saja lebaran dan beberapa pegawai masih mengambil cuti.

Sesampainya di sana, saya langsung dibantu oleh satpam untuk mengumpulkan berkas-berkas yang sudah dipersiapkan. Ya, pelayanannya cukup cepat, hanya menunggu sekitar 5 menit, saya dipanggil oleh Bapak Iwan (bagian Kesehatan Lingkungan) yang sudah menerima berkas saya. Saya tinggal menjelaskan bagaimana saya mengumpulkan berkas itu dan juga menjelaskan sedikit tentang produk yang saya buat, yaitu Rengginang Onagi.

Biayanya gratis teman-teman. Jadi tidak perlu membawa uang untuk mengajukan SP-PIRT apabila semua persyaratan sudah dipenuhi. Tinggal dikumpul saja, dan saya kemudian mendapatkan Tanda Terima Persyaratan SP-PIRT. Tanda terima dapat dilihat pada gambar berikut:

Tanda Terima Persyaratan SPPIRT

Tanda Terima Persyaratan SP-PIRT

Tinggal ditandatangan, dan selesai sudah. Lalu apa yang akan dilakukan selanjutnya? Jadi Dinkes Tangsel nantinya akan menghubungi pemilik/penanggung jawab produk pangan tersebut dan akan mengadakan inspeksi ke lokasi produksi. Apabila inspeksi sudah dilakukan, maka SP-PIRT akan keluar secepatnya.

Penasaran bagaimana cerita selanjutnya? Ditunggu yaaa!

