Salam food explorer!

Halo semua, kali ini saya akan membahas kembali tentang Onagi rengginang. Setelah mengikuti bazaar yang diadakan oleh LSPR di Kuningan City 1-5 Juni 2016 lalu, Onagi sudah mulai dikenal oleh beberapa kalangan. Untuk melanjutkan promosinya, ada beberapa hal yang dilakukan oleh saya dan teman-teman selaku pembuat Onagi Rengginang, kami menyebutnya Pangan Nusantara Abadi.

Kami melakukan promosi lebih lanjut dengan bantuan media sosial, khususnya Instagram dan Line. Untuk Line, kami melakukan broadcast untuk pre order. Berikut adalah contoh broadcast pada Line Onagi Rengginang

lineonagi

Broadcast promosi Onagi

Tak cuma itu, promosi melalui Instagram kami lakukan baik dengan akun Onagi sendiri (@onagirengginang), maupun dari akun yang mereview makanan yang enak, yaitu @keluarmakan. Akun @keluarmakan sudah memiliki follower sebanyak lebih dari 35.000 pengguna Instagram. Beruntung bagi kami, produk kami bisa direview oleh mereka, di mana itu bisa membantu promosi produk Onagi. Berikut adalah review yang diberikan oleh @keluarmakan:

keluarmakan

Review yang diberikan akun @keluarmakan

igonagi

Instagram @onagirengginang

Beberapa konsumen yang suka dengan produk kami juga ikut membantu mempromosikan produk Onagi. Ada beberapa konsumen yang pergi ke luar negeri seperti Korea Selatan dan Singapura, dan melakukan foto Onagi di tempat wisata yang terkenal di negara tersebut. Konsumen tersebut juga turun memperkenalkan rengginang Onagi ke warga asing. Bangga? Ya, saya pribadi cukup senang karena produk Onagi, atau rengginang yang merupakan makanan khas Indonesia bisa dikenal oleh orang-orang luar negeri. Bukan melulu keuntungan uang yang didapat, melainkan lebih dari itu, produk Indonesia dikenal oleh masyarakat luar negeri, dan mereka menyukainya. Itu bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai warga Indonesia.

Saya tunjukkan beberapa foto yang dilakukan oleh konsumen yang pergi keluar negeri dan juga memperkenalkan produk Onagi ke orang asing.

singapur

Onagi di Patung Merlion, Singapura

foto-produk_5952

Onagi di depan Patung King Sejong The Great, Korea Selatan

foto-produk_5012

Onagi di depan Gerbang Gyeongbokgung Palace, Korea Selatan

foto produk_2304

Onagi diperkenalkan kepada orang bule di Korea Selatan (University of Science and Technology)

Senang sekali rasanya produk ini mulai dikenal, semoga ke depannya produk Onagi rengginang bisa semakin baik, dan tentu saja akan semakin banyak produk-produk pangan tradisional Indonesia yang dikembangkan dan diperkenalkan pada masyarakat. Proud to be Indonesian!!!

Advertisements