Tags

, ,

Hallo food explorer!

Sehubungan dengan perjalanan saya ke Yogyakarta beberapa minggu lalu, saya ingin share tentang makanan-makanan murah untuk menyambung hidup para petualang atau backpacker, terutama kaum mahasiswa haha. Ya, selain wisata alam yang indah yang bisa kalian temui di sana, wisata kuliner pun juga menjadi kewajiban di Yogyakarta ini.

Banyak sekali warung makanan yang murah di Yogyakarta. Ada yang sudah dipaketkan, ada pula yang prasmanan. Ambil nasi sepuasnya mungkin bisa jadi penyelamat buat backpacker yang kantongnya sedang sekarat atau kering. Berikut tunjukkan beberapa dari banyak sekali makanan dan jajanan murah di Yogyakarta.

1. Kay Ramen


Kay Ramen terletak di sebelah timur Galeria Mall, Yogyakarta. Makanan yang tersedia antara lain ramen, udon, sushi, dan makanan Jepang lainnya. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk mahasiswa, yaitu 18.000 sampai 25.000 untuk satu porsinya. Ukuran porsinya tidak perlu ditanyakan, menurut saya porsi yang disediakan cukup besar dan mengenyangkan. Selain itu juga ada sushi, harga dibandrol sekitar 10.000 rupiah. Bagi kalian yang suka makanan jepang, dan juga suka pedas, sangat disarankan untuk ke sini.

2. Ayam Geprek Bu Rum

Selanjutnya ada Ayam Geprek Bu Rum. Cabangnya sangat banyak teman-teman. Sampai Agustus 2016 ini, ada 7 cabang Ayam Geprek Bu Rum yang tersebar di Yogyakarta dan sekitarnya. Di sini sangat disarankan bagi yang suka pedas dan juga kantong benar-benar tipis. Kalian bisa mengambil nasi sepuasnya (ya, sepuasnya! sebanyak apapun, harga tetap sama), ditambah ayam goreng, tempe, tahu, sayur yang berubah-ubah setiap waktunya. Semua lauk akan digeprek sesuai namanya – Ayam Geprek, dan diberi sambal. Kalian bisa request berapa cabai rawit yang diinginkan, harga tetap sama hahaha.

ayam-geprek-bu-rum

Saat itu saya makan nasi (banyak sekali), ditambah ayam, tempe, tahu, sayur, serta air putih, hanya dibandrol 14.000 rupiah! Sangat pas untuk mahasiswa, dan rasanya juga oke lah, terutama sambal terasinya yang mantab. So, buat kalian yang sekarat duitnya, boleh banget ke sini haha.

3. Es Gandhoel

IMG_20160727_162415_HDR

Selanjutnya ada es gandhoel. Es ini termasuk es zaman dahulu, saya temukan di pasar kangen. Harganya cukup terjangkau, yaitu 5.000 rupiah. Es ini dibuat dengan cara yang cukup unik (zaman dahulu banget). Pecahan es batu dipadatkan dengan 2 mangkuk, di mana di tengahnya diselipkan stik es krim. Kemudian ditambah sirup yang memiliki 3 warna, yaitu merah, kuning, hijau. Setelah itu ditambah susu kental manis. Kombinasi rasa yang manis dan segar untuk kondisi Yogyakarta yang panas terik.

4. Chockles

Chockles adalah es cokelat yang murah meriah, enak, dan segar yang harus dicoba di Yogyakarta. Memang banyak sekali yang menjual es cokelat di Yogyakarta, namun yang memikat saya adalah Chockles. Banyak franchise Chockles yang tersebar di Yogyakarta, antara lain di Babarsari, dan di sebelah timur Galeria Mall (samping Kay Ramen).

Menu yang ditawarkan antara lain:
Chockles Original – 5.000
Chockles Susu – 6.000
Chockles Kopi – 6.000
Chockles Klasik – 7.000

Untuk rasanya, oke banget teman-teman. Coklatnya terasa, dan menurut saya yang tinggal di Jakarta, es cokelat dengan harga 5.000 rupiah itu uda murah banget. Boleh banget deh dicoba minuman yang satu ini.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan dan jajanan yang belum saya telusuri lebih lanjut di Yogyakarta. Hampir seluruhnya tergolong murah dan mengenyangkan! Empat makanan/minuman di atas hanya sebagian dari banyak sekali kuliner di Yogyakarta. Now it’s the time for you to explore a lot of food and drinks in Yogyakarta! hahaha

Salam, food explorer!

Advertisements