Tags

, , ,

Halo food explorer!

Berhubungan dengan adanya festival kue bulan (moon cake festival) yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, saya akan menceritakan tentang apa cerita dibalik kue bulan.

Kue bulan (moon cake / tiong ciu pia) merupakan makanan tradisional masyarakat Tonghoa yang biasanya disajikan pada festival moon cake (tanggal 15 bulan 8 dalam kalender Cina). Kue ini berbentuk  bulat, seperti namanya yang berbentuk seperti bulan purnama. Pada hari Tiong Ciu, biasanya orang-orang Tionghoa berkumpul bersama keluarga, melakukan sembayang di halaman terbuka. Setelah sembayang, mereka berkumpul di meja makan dan berkumpul bersama menikmati kue bulan tersebut.

kuebulan

Kue Bulan (Moon Cake)

Kue bulan ini erat kaitannya dengan cerita atau dongeng yang terkenal di Tongkok, yaitutentang “Chang’e terbang ke bulan”. Konon ceritanya, pada zaman dahulu, terdapat 10 matahari di langit yang menyebabkan hasil pertanian dari para petani gagal panen, dan bumi pun, banyak sekali binatang buas yang merajalela seperti ular yang berbisa. Muncullah seorang pahlawan bernama Hou Yi. Hou Yi ini merupakan pemanah yang handal. Pada suatu hari, Hou Yi menaiki gunung Kunlun dan dengan berani memanah 9 dari 10 marahari di langit, dan memerintahkan satu matahari yang tersisa untuk naik dan turun sesuai dengan jadwalnya.

download

Hou Yi Memanah Matahari

Hou Yi menjadi pahlawan yang sangat dihormati dan dihargai oleh rakyat-rakyatnya. Dia pun juga akhirnya menikahi wanita yang cantik dan sangat baik, yaitu Chang’e. Mereka pun hidup sangat bahagia pada saat itu.

Suatu hari, Hou Yi sempat bertemu dengan Ibusuri Raya Langit, dan diberikan obat yang dapat membuat orang yang meminumnya menjadi dewa, terbang ke langit dan juga menjadi awet muda seumur hidup. Akan tetapi, karena dia sangat mencintai istrinya, dan tidak ingin meningkalkan Chang’e, Hou Yi pun tidak jadi meminumnya. Obat tersebut kemudian disimpan oleh Chang’e.

Salah satu anak buah dari Hou Yi, yaitu Peng Meng, memiliki niat buruk. Dia berencana untuk mencuri obat tersebut. Suatu hari ketika Hou Yi sedang berburu di luar, peng Meng masuk ke kamar Chang’e untuk merebut dan mencuri obat tersebut. Chang’e pun dengan terpaksa meminum obat tersebut agar tidak dicuri oleh Peng Meng. Alhasil, badan Chang’e pun menjadi ringan, dan terbang ke langit. Karena Chang’e sangat kangen dengan suaminya, ia pun terbang kebulan yang merupakan bintang yang paling dekat dengan bumi.

9f731159fbeb49a795efa5c96d22771d

Chang’e terbang ke bulan

Hou Yi sangat sedih dan tertekan akan kepergian istrinya ke langit, akan tetapi Peng Meng pun sudah melarikan diri. Hou Yi melihat ke bulan dan meneriakkan nama istrinya, dan dia melihat ada bayangan yang menyerupai istrinya di bulan yang terang tersebut. Ia mencoba mengejar bulan tersebut tapi gagal.

Hou Yi pun menyerah, namun karena ia sangat rindu dengan Chang’e, dia menaruh meja di halaman belakang rumahnya dan menaruh sesajen untuk istrinya yang tinggal di bulan sambil bersembayang ke bulan. Rakyat sekitar yang mengetahui insiden tersebut pun ikut memberikan sesajen.

Demikian cerita dari asal usul kue bulan. Akan tetapi, ada cerita versi lain mengenai sejarah kue bulan ini, yaitu tentang Zhu Yuan Zhang. Teman-teman bisa melihat lengkapnya di link ini: Cerita Zhu Yuan Zhang dan Kue Bulan

Sekian dari saya, semoga bermanfaat!

 

Advertisements