Tags

, , , , , ,

Salam Food Explorer!

Semester ini adalah semester yang cukup unik bagi saya, karena ada mata kuliah Budaya Makanan. Salah satu hal yang saya tunggu adalah kelas Table Manner yang diadakan di Hotel Santika BSD, pada hari Sabtu, 5 November 2016 lalu. Yes! Saya cukup membayar 150 ribu rupiah ditambah deposito 25 ribu rupiah (kalau ada barang pecah) untuk bisa mengikuti kelas table manner ini. Ini adalah kelas table manner pertama saya selama saya hidup haha. Kesan pertama saya mengikuti kelas table manner ini sungguh baik dan cukup mengesankan. Saya akan bercerita sedikit tentang table manner yang saya pelajari saat itu.

img_20161105_092715

Suasana Table Manner di Hotel Santika BSD

Well, kita mulai tata krama saat menghadiri jamuan makan ya. Hal penting yang saya pelajari ada banyak. Kita harus berpakaian rapi dan pantas. Ketika makan, duduknya harus tegak, jangan terlalu bersandar, ataupun terlalu membungkuk. Ketika makan, sendok atau garpu lah yang mendatangi mulut, bukan sebaliknya. Dalam satu meja, apabila ada 1 orang yang masih belum selesai makan, maka hidangan selanjutnya masih belum akan disajikan oleh pelayan. Hal inilah yang menyebabkan wanita disuguhkan makanan terlebih dahulu dibandingkan pria, karena wanita makannya lebih lama (lebih elegan mungkin ya? haha) daripada pria. Jadi sabar-sabar aja deh kalau ternyata dalam 1 meja ada yang makannya lama sekali haha. Oh ya, jika kalian ingin telepon atau ke toilet, kalian harus meminta izin dulu pada tamu-tamu lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengatakan “Tolong” dan “Terima kasih” kepada pelayan.

Kita lanjutkan dengan penempatan alat-alat makan yuk! Selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut:

1

Penataan alat makan

Kalau aslinya, jadi seperti ini teman-teman:

img_20161105_094336

Tata letak alat makan di meja makan

Hal penting di sini adalah posisi duduk kita seharusnya ada di depan serbet (napkin) yang disediakan, bukan di depan side plate. Kemudian buka serbetnya dan letakkan di paha kita. Tujuan dari serbet ini adalah untuk melindungi pakaian kita dari jatuhnya makanan, selain itu juga bisa untuk membersihkan atau mengelap mulut sedikit dan tentunya secara elegan. Dalam penggunaannya, alat-alat makan tersebut mulai digunakan dari luar kemudian ke dalam. Misalnya Salad Fork dan Salad Knife (bagian terluar) digunakan untuk appetizer, Soup Spoon yang digunakan untuk makan soup, Dinner Fork dan Dinner Knife (bagian terdalam) digunakan untuk makan main course khususnya steak, dan terakhir adalah Dessert Spoon and Fork yang digunakan untuk makan dessert.

Secara umum, ada 5 macam hidangan: Appetizer, salad, soup, main course, dan dessert. Untuk salad dan soup bisa juga dimasukkan sebagai appetizer. Ciri utama appetizer adalah mampu meningkatkan nafsu makan dari konsumen. Diharapkan dengan adanya appetizer, nafsu makan akan bertambah dan siap untuk mengonsumsi main course. Main course sendiri adalah hidangan utama, yang ciri utamanya adalah kaya akan karbohidrat (kentang, nasi, dll.). Dan terakhir adalah dessert, yang dihidangkan sebagai pencuci mulut. Contoh-contoh makanannya (set menu) dapat dilihat pada gambar berikut:

2

Set Menu dalam Table Manner

Pada Table Manner kali ini, ada 5 makanan yang disajikan:

Bread: Soft Roll with Butter
Appetizer: Bruschetta Romana
Soup: Tomato Cream Soup
Main Course: Chicken Cordon Bleu
Dessert: Tiramisu Cake

img_20161105_093751

Menu Table Manner di Hotel Santika BSD

It’s eating time!! Setelah mendengarkan teori dari pemberi seminar, saatnya mempraktikkan makan secara elegan! Oh ya, satu hal lagi yang penting saat table manner ini. Ketika kita sudah selesai makan, sendok garpu atau pisau harus diletakkan ke arah jam 5. Tujuannya agar mudah diambil oleh pelayan. Kalau belum diletakkan ke arah jam 5, maka pelayan tidak akan mengambil piring Anda haha.

BREAD – SOFT ROLL WITH BUTTER

img_20161105_101652

Soft Roll with Butter

Etika saat memakan roti adalah rotinya diambil sedikit dengan jari, dan kemudian dioleskan dengan mentega dengan menggunakan Butter Knife. Perlu diperhatikan bahwa butter knife tidak digunakan untuk memotong roti, melainkan hanya untuk mengoleskan mentega ke roti. Selain itu, jangan mengangkat roti dari piring, kita harus mengambilnya sedikit-sedikit dengan cara merobeknya dengan cubitan jari (makan sedikit-sedikit ala-ala princess haha). Kalau habis, biasanya di negara barat akan diberikan lagi karena orang barat suka atau terbiasa makan dengan roti. Oh ya, kalian boleh memindahkan side plate ini ke bagian tengah, atau dibiarkan saja di samping tidak masalah.

APPETIZER – BRUSCHETTA ROMANA

img_20161105_102808

Bruschetta Romana – Appetizer

Hmmm.. Saya baru pertama kali mencoba Bruschetta Romana ini. Kurang lebih terbuat dari Garlic Bread, dengan irisan tomat dan sayuran lainnya yang rasanya cukup asam. Well, ada yang bilang kalau asam itu mampu meningkatkan selera makan kita, jadi cocok lah Bruschetta Romana ini dijadikan sebagai Appetizer. Jangan lupa selesai makan, tunjukkan dengan cara meletakkan garpu dan pisau ke arah jam 5.

SOUP – TOMATO CREAM SOUP

img_20161105_104455

Tomato Cream Soup

Rasa dari tomato cream soup ini asam-asam kurang lebih mirip seperti makan bumbu spaghetti kasarannya. Teksturnya creamy seperti namanya, cukup baik sebagai penambah nafsu makan. Garlic bread juga disajikan untuk dicelupkan ke dalam tomato cream soup ini. Cara makan soupnya adalah dengan cara memasukkan sendok soup ke dalam soup, dan mengangkatnya dari arah dalam ke arah luar dari tubuh kita (arah jam 12), tujuannya agar soup tidak mudah menetes. Actually, it is really hard to apply this manner haha. Bolak-balik saya gagal karena banyak yang menetes, however namanya juga belajar. Kalau sudah selesai, kalian bisa meletakkan sendok di luar mangkuk, sementara kalau belum selesai, cukup meletakkan sendok di dalam soup.

MAIN COURSE – CHICKEN CORDON BLEU

img_20161105_110810

Chicken Cordon Bleu – Main Course

Chicken cordon bleu merupakan daging ayam yang berisi smoked beef dan keju yang melted. Karbohidrat di hidangan ini adalah kentang (French Fries), dengan sayuran buncis dan wortel, dan disiram dengan mushroom sauce. Rasanya, tidak perlu ditanya, enak banget! Dalam waktu sekejap, makanan ini saya habiskan dengan manner yang baik haha. Tak lupa untuk meletakkan dinner fork and knife ke arah jam 5 setelah selesai makan.

img_20161105_112231

Main course sudah habis, letakkan garpu dan pisau ke arah jam 5

DESSERT – TIRAMISU CAKE

img_20161105_113652

Tiramisu Cake – Dessert

Sebagai penutup, ada hidangan tiramisu cake. Kue ini sangat lembut, manis dan dilengkapi dengan pahitnya bubuk kokoa yang dihias cantik di piring membentuk huruf HS (means Hotel Santika). Well, katanya ini merupakan hidangan andalan di Hotel Santika BSD haha.

Yap! Akhirnya saya berhasil menyelesaikan kelas table manner ini dengan baik. Senang rasanya bisa menjadi seseorang yang elegan saat jamuan makan bersama (yang biasanya makan tidak pakai aturan haha). Sertifikat pun saya dapatkan!!! Terima kasih Hotel Santika BSD atas kelas Table Manner-nya. Senang bisa datang ke sana hahaha.

1478164540436

Sertifikat Table Manner!

Terima kasih buat teman-teman yang sudah membaca postingan blog yang cukup panjang ini, saya harap ini dapat berguna buat teman-teman yang penasaran tentang bagaimana tata cara makan yang baik dan benar ala-ala kerajaan hahaha. Ditunggu ya postingan saya selanjutnya!

Salam Food Explorer!

Advertisements